Sarana

Loading
loading..

Wihara Ekayana Arama – Indonesia Buddhist Centre  sebuah pusat pengembangan agama Buddha yang esensial dan kontekstual.

 

Namun untuk dapat melakukan dan merealisasikan hal tersebut, diperlukan dan dibutuhkan sarana yang menunjang dan memadai. Untuk itu melalui proses yang panjang sejak berdiri pada tahun 1995, Wihara Ekayana Arama telah memiliki beberapa sarana penunjang seperti:

 

1. Gedung Utama Wihara Ekayana Arama

Gedung utama yang berawal dari dua rumah kantor (rukan) di Jalan Mangga II No. 8L-M, saat ini merupakan hasil renovasi yang merupakan gabungan dari 10 rukan. Disini terdapat:

– Lantai 1: Bhaktisala Utama, Bhaktisala Avalokitesvara, Balai Kenangan I, Receptionist – *Ruang Tunggu Sangha, Bursa Prapanca, Kantin Sujata

– Lantai 2: Ruang Seminar, Ruang Kelas, Balai Kenangan II – *Cafe, Galeri Dian Dharma, Sekretariat Ekayana Peduli

– Lantai 3: Ruang Kelas, Balai Kenangan III

– Lantai 4: Bhaktisala Kecil, Hall (dalam tahap pembangunan)

* Area ini terletak disamping gedung utama

 

2. Wisma Kalyanavardhana

Wisma Kalyanavardhana diresmikan pada tanggal 15 Mei 2016, bertepatan dengan digelarnya acara Ekayana Vegetarian Festival yang merupakan bagian dari rangkaian acara Waisak 2560 BE. Bangunan empat lantai ini merupakan perluasan dari gedung utama Wihara Ekayana Arama.

 

3. Wisma Asuh Dharmawardhana

Wisma ini terletak di Jalan Mangga I. Saat ini Wisma Asuh Dharmawardhana diperuntukkan atau dipergunakan dalam pelaksanaan program anak asuh Wihara Ekayana Arama, seperti anak asuh korban gempa bumi dan tsunami dari Banda Aceh.

 

4. Wisma Tamu Shakyawardhana

Wisma Tamu Sakyawardhana terletak di Jalan Mangga II Blok F No. 22, wisma ini disediakan untuk tempat tinggal sementara para biksu tamu dari luar negeri maupun luar kota, serta para tamu khusus lainnya.

 

5. Wisma Asokawardhana

Wisma Asokawardhana terletak di Jalan Mangga II No. 8. Wisma ini memiliki 3 lantai. Lantai pertama digunakan sebagai gedung serbaguna untuk berbagai kegiatan yang ada di lingkungan Wihara Ekayana Arama, lantai kedua digunakan sebagai ruang kantor Kepala Wihara Ekayana Arama, dan lantai ketiga digunakan sebagai kuti sangha.

 

6. Wisma Jayawardhana

Wisma Jayawardhana terletak di Jalan Mangga II Blok F No. 15. Wisma ini memiliki 3 lantai. Lantai pertama digunakan sebagai kantor Penerbit Karaniya, Penerbit Dian Dharma, Toko Buku “The Middle Way” dan Balai Pengobatan Jivaka (Klinik Jivaka). Lantai kedua terdapat aula serbaguna untuk berbagai kegiatan yang ada di lingkungan Wihara Ekayana Arama, kantor, dan ruang rapat. Dan lantai ketiga digunakan sebagai kuti sangha.

 

 

Selain sarana-sarana diatas yang terletak di Jakarta, Wihara Ekayana Arama juga memiliki 3 Pusat Latihan (retreat centre) yang bertujuan untuk menunjang program pelatihan dan pendidikan yang diselenggarakan oleh Wihara Ekayana Arama. Ketiganya adalah:

 

1. Pondok Sadhana Amitayus

Amitayus terletak di Desa Lewimalang, Cipayung, kabupaten Bogor. Tempat ini sudah sering dipergunakan untuk retret, pelatihan dan acara lainnya, baik yang diselenggarakan oleh Wihara Ekayana Arama maupun organisasi Buddhis lainnya. Disini juga secara rutin diselenggarakan Pabbajja dan vasa bersama oleh Sangha Agung Indonesia.

 

2. Pondok Sadhana Suddhi Bhavana

Suddhi Bhavana terletak di desa Jambudwipa, Cimahi, kabupaten Bandung Barat. Pengelolaan tempat ini baru diserahkan kepada Wihara Ekayana Arama sejak tahun 2010, namun pusat latihan ini sudah mulai banyak dipergunakan untuk retret dan berbagai pelatihan lainnya.

 

3. Prasadha Mandala Bhakti

Prasadha Mandala Bhakti terletak di Parakan, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang dapat ditempuh selama lebih kurang 2 jam perjalanan darat dari Jogjakarta maupun Semarang. Tempat ini memiliki kekhasannya tersendiri karena merupakan bangunan kuno bergaya arsitektur Tiongkok, dimana bagunan semacam ini sudah sangat jarang ditemukan dewasa ini.

Layout mode
Predefined Skins
Custom Colors
Choose your skin color
Patterns Background
Images Background